Sunday, May 5, 2013

8 Perubahan Kecil Demi Jantung Sehat

Lakukan perubahan kecil untuk kesehatan jantung
Penyakit jantung disebut sebagai pembunuh sekitar setengah juta wanita setiap tahun. Lebih berbahaya dari kanker dan penyakit yang disebabkan oleh gangguan pernapasan. The American Heart Association (AHA) pun mengeluarkan pedoman baru untuk mencegah penyakit jantung pada wanita. 

Dilansir iVillage, organisasi ini merekomendasikan tes fungsi jantung mulai usia 20. Tes ini termasuk tes tekanan darah setiap dua tahun, mengukur berat badan, indeks massa tubuh (BMI) dan lingkar pinggang, serta tes kolesterol setiap lima tahun. 

"Jika Anda sudah memiliki gejala penyakit jantung, seperti memiliki kesulitan melakukan aktivitas, kelelahan yang tidak biasa, kecemasan, gangguan pencernaan atau sesak napas, segera konsultasikan dengan dokter kardiolog," kata Dr Joanne Foody, M.D, direktur Brigham and Women's Hospital yang menangani bidang kardiovaskuler. 
 
Foody juga menyarankan beberapa perubahan gaya hidup untuk menjaga kesehatan jantung seperti berikut :

1. Kurangi Porsi Makan

Obesitas merupakan faktor pemicu gangguan jantung. Untuk itu, mengurangi porsi makan sangatlah penting. Menurut Foody, yang merupakan profesor dari Harvard Medical School, Boston, trik paling mudah mengurangi porsi makan adalah dengan mengganti ukuran piring dengan piring yang lebih kecil. 

2. Perbanyak Air

Bagi Anda yang masih maniak minuman soda, perlu diketahui bahwa satu kaleng minuman rata-rata mengandung 130 kalori dan delapan sendok teh gula. Melebihi patokan dari AHA yang mengatakan, wanita membutuhkan 100 kalori dan enam sendok teh gula setiap harinya. 

Selain membuat berat badan bertambah, gula juga dikaitkan dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi, rendahnya tingkat HDL (kolesterol sehat), dan kadar trigliserida tinggi yang mengancam jantung dan diabetes. Berhenti mengkonsumsi minuman soda dan beralih pada air putih. 

3. Bergerak Lebih

Lakukan latihan ringan secara rutin. 10 sampai 15 menit per hari. "Peningkatan jumlah aktivitas sehari-hari member efek dramatis. Berjalan 10.000 langkah sehari setara dengan 45-60 menit latihan aerobic," papar Foody.
 
4. Tertawa 

Berada di lingkungan orang-orang yang bisa membuat Anda tertawa sangat baik untuk kesehatan jantung. Menurut penelitian di University of Maryland, sekitar 40 persen orang yang terkena jantung adalah mereka yang jarang tertawa. 

Para ahli mengatakan bahwa ketika orang tertawa, pembuluh darah menjadi rileks, terbuka, dan darah mengalir dengan mudah. Hal ini mencegah situasi stres.

5. Tidur Cukup

"Tidur penting untuk mengatur detak jantung," kata Foody. Kualitas tidur yang buruk menyebabkan tekanan darah tinggi. Jika Anda sulit tidur, sering bangun di malam hari, atau mendengkur berat, konsultasikan dengan dokter.

6. Berjemur

Paparan vitamin D dari sinar matahari sangat penting untuk kesehatan jantung.  "Vitamin D merupakan hormon yang mengatur kalsium ke seluruh tubuh, vitamin ini tidak hanya berdampak pada tulang, tapi juga otot dan jaringan tubuh lain," papar Foody. 

7. Berhenti merokok

Menghabisakan rokok satu hingga lima batang per hari meningkatkan risiko serangan jantung sebesar 40 persen. Demikian hasil studi yang dilakukan pada 15.000 perokok di Amerika. 

8. Ketahui Tanda Serangan Jantung

Menurut data dari pusat kesehatan Amerika, di sana setiap 90 detik seorang wanita meninggal karena jantung. Gejalanya, nyeri pada pertengahan dada yang menjalar ke  lengan kiri dan bahu. Gangguan jantung juga bisa dimulai dari masalah pencernaan, sakit punggung, dan leher. Juga nyeri rahang terutama saat stres atau kelelahan fisik.

No comments:

Post a Comment