Sunday, May 5, 2013

Fungsi Tersembunyi Flash Disk Yang Belum Anda Ketahui

 
USB atau flash disk tentu sudah Anda kenal sebagai alat media penyimpanan data atau untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya.
Namun, banyak yang tidak mengetahui bahwa flash disk mempunyai fungsi tersembunyi dari mengunci dan membuka komputer hingga meningkatkan kinerja komputer Anda.
Berikut ini 4 fungsi tersembunyi flash disk yang mungkin belum Anda ketahui :
 
1. Mengunci dan membuka komputer
 
Flash disk dapat digunakan sebagai "kunci" untuk mengunci dan membuka komputer Anda. Anda cukup mencolokkan flash disk Anda untuk membuka, dan akan otomatis terkunci saat Anda mencabut flash disk Anda. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan aplikasi bernama Predator.
2. Terhubung ke jaringan Wi-Fi secara cepat
 
Ternyata flash disk bisa digunakan untuk menghubungkan komputer Anda ke jaringan Wi-Fi secara cepat. Anda tidak perlu memasukkan password berulang kali.
Hal ini dikarenakan Windows memiliki fitur untuk menyimpan nama jaringan Wi-Fi yang telah digunakan. Kemudian data tersebut disimpan di flash disk dengan cara klik ikon wireless klik kanan Wi-Fi yang baru saja digunakan – Properties. Perhatikan Tab Connection, klik link "Copy this network profile to a USB Flash" drive klik Next, maka Windows akan menyalin konfigurasi dan pengaturan profile tersebut ke flash disk.
Untuk digunakan di komputer lain, colokkan flash disk dan double klik file setup SNK.exe maka profil jaringan akan segera terinstall dan komputer sudah siap untuk dikoneksikan.
3. Meningkatkan kecepatan komputer
 
Flash disk juga dapat digunakan untuk mempercepat komputer Anda dengan aplikasi bernama Readyboost yang sudah terdapat di Windows. Readyboost akan membaca cache file yang sering dibuka dari flash disk, sehingga bisa mempercepat komputer Anda.
 
4. Menginstall webserver portable
 
Memiliki web server yang bisa dibawa ke mana mana tentu saja menyenangkan, sebab flash disk dapat digunakan sebagai web server portable dengan menginstall server2go pada flash disk. Anda bisa menjalankan web server di komputer manapun tanpa harus melakukan instalasi lagi. Jika Anda seorang web developer, tentu saja ini akan sangat membantu Anda untuk melakukan presentasi di mana saja dengan web server di kantong Anda.
 

No comments:

Post a Comment