Monday, May 23, 2016

Asah Otak: 90 Persen Orang Salah Saat Menjawab Soal Matematika Ini

[​IMG]



Tak semua orang punya kemampuan yang baik terkait pelajaran Matematika. Jadi jangan kecil hati jika bingung dengan pertanyaan Matematika yang satu ini. Soalnya, orang-orang yang pandai dan menggeluti bidang Matematika juga masih banyak yang salah lalu mempertanyakan banyak hal setelah mencoba menyelesaikan soal Aljabar ini.


Soal Matematika diatas muncul dan menjadi terkenal di Jepang setelah sebuah tes menyimpulkan bahwa hanya belasan orang yang bisa menjawab dari sekian banyak orang yang mencoba menjawab soal Matematika ini.


Cobalah ambil kertas dan ballpoint untuk menyelesaikannya. Boleh juga pakai kalkulator. Dan cocokkan hasil jawaban dengan uraian dibawah ini.


Ini dia Soalnya: 9-3 / ( 1/3) + 1


Yuk dicoba dulu…..baru lanjut baca kebawah


























Sudah?…….


Kebanyakan yang mencoba akan menjawab dengan hasil jawaban = 3, 7, atau 9. Jika iya, itu adalah jawaban yang SALAH


Coba simak cara menyelesaikannya dalam video di bawah ini. Video diposting oleh pengguna YouTube MindYourDecisions, saluran matematika puzzle yang populer. Di dalamnya, Matematikawan Presh Talwalkar, akan menunjukkan jawaban yang benar.



Kebanyakan yang mengandalkan kalkulator tiba pada jawaban yang salah, dengan memberikan jawaban = 9.


Untuk menjawab pertanyaan dengan benar menggunakan kalkulator, kita perlu menulis soal itu seperti ini: 9-3 / ( 1/3) + 1, yang akan membawa hasil = 1 sebagai jawaban yang benar.


Soal Matematika ini menguji kemampuan dan pengetahuan kita terkait PEMDAS, atau urutan rumus operasi. Dimana untuk mendapatkan jawaban yang benar dalam ranah Matematika, kita harus mengikuti langkah-langkah dalam urutan sebagai berikut ; Kurung -Eksponen,-Perkalian-Pembagian, Penjumlahan-Pengurangan. Kebanyakan orang lupa bagaimana menggunakan PEMDAS atau menafsirkan fraksi 1/3 dengan cara yang salah.


Dalam pertanyaan ini, itu berarti membagi 3 dengan 1/3 adalah langkah yang pertama, yang sama dengan 3×3. Yang kemudian akan membawa kita ke 9-9 + 1. Dari sana, 9-9 = 0 + 1 = 1. Dan itulah hasil yang benar…..Ta-da!


Posting juga artikelmu dan menangkan hadiah bulanan Rp 500.000,- INI CARANYA










Sumber berita

No comments:

Post a Comment