Monday, May 23, 2016

Superkonduktor, Teknologi Masa Depan



Pernahkah anda membayangkan sebuah mobil yang dapat melayang di udara atau mobil yang tidak menggunakan roda sama sekali untuk bergerak? Tentunya hal tersebut bukanlah perkara yang tidak mungkin melihat kemajuan teknologi saat ini yang berkembang begitu pesat. Oleh karena itu, terdapat suatu kemungkinan yang besar bahwa nantinya akan ada mobil terbang. 


Jika anda menyimak berita yang sedang hangat mengenai skateboard yang bisa terbang (hoverboard) yang dipublish oleh Lexus, ini merupakan salah satu jalan terwujudnya mobil terbang. Namun, apakah anda mengetahui teknologi dibalik hoverboard tersebut sehingga dapat melayang diudara?


Teknologi Superkonduktor

Alasan utama mengapa hoverboard dapat melayang di udara karena hoverboard tersebut menggunakan teknologi superkonduktor. Teknologi tersebutlah yang nantinya akan digunakan pada mobil terbang.




Penjelasan Superkonduktor

Superkonduktor adalah sebuah teknologi yang dapat menghasilkan material agar tidak memiliki resistansi listrik. Selain itu, material superkonduktor tersebut tidak dapat dipengaruhi oleh medan magnetik, sehingga benda ataupun material tersebut dapat melayang pada sebuah bidang magnetik. Pada umumnya, sifat dari resistensi elektrik material akan semakin menurun sejalan dengan turunnya suhu benda tersebut. Untuk membuat sebuah benda menjadi superkonduktor dapat dilakukan dengan cara mendinginkannya hingga mencapai suhu minus yang sangat ekstrim atau dengan kata lain suhu material tersebut di bawah suhu kritis.


Namun, untuk menghasilkan benda dengan di bawah suhu kritis dibutuhkan bahan khusus. Bahan tersebut adalah nitrogen cair. Kemudian, ketika material telah memasuki di bawah temperatur kritis, maka selanjutnya material tersebut akan memasuki fase transisi dari konduktor biasa menjadi material atau benda superkonduktor.


Kesimpulannya, dengan teknologi superkonduktor yang sedang dikembangkan aplikasinya saat ini tidak menutup kemungkinan nanti kedepannya akan menghasilkan produk lain disamping hoverboard yang sekarang sedang booming. Mobil terbang dan kereta super cepat akan menyusul dikemudian hari bila kita tetap berusaha untuk mengembangkan teknologi dan mengambil andil dalam penelitiannya.


No comments:

Post a Comment