Thursday, November 20, 2014

Ekspedisi ke 'Neraka' Beku di Siberia

Ekspedisi ke Neraka Beku di Siberia 

Siberia Neraka sering kali digambarkan sebagai tempat yang penuh dengan api dan bersuhu panas. Namun setelah melihat foto-foto dramatis yang merupakan hasil jepretan dari sebuah ekspedisi  berikut ini, Anda dapat berpikir ulang mengenai gambaran dari neraka.

Seperti yang dilansir dari News.nationalgeographic.com, Kamis (20/11/2014), sebuah ekspedisi telah dilakukan guna memecahkan misteri, bagaimanakah rupa kawah berwarna putih misterius ini.

Demi ekspedisi ini, para ilmuan berjuang mengalahkan dinginnya suhu yang sanggup membuat tubuh beku seketika. Hal ini dikarenakan mereka harus menuruni kawah yang bersuhu minus 11 derajat Celcius, bahkan kawah ini sempat dijuluki sebagai 'neraka yang membeku'.


Para ilmuwan dari `The Russian Centre of Arctic Exploration` mengenakan sepatu bergigi dan memasuki kawah sedalam 16,5 meter yang ditemukan pada bulan Juli 2014 di Siberia. Tepatnya, kawah ini berada di bagian terpencil bagian utara Semenanjung Yamal.
Meskipun pihak `The Russian Centre of Arctic Exploration` tidak memberikan komentar apapun mengenai apa yang mereka temukan di dalam kawah ini, tetapi ketua dan direktur pusat penelitian tersebut, Vladimir Pushkarev sempat mengungkapkan pada `The Siberian Times`bahwa untuk pertama kalinya tim berhasil menjelajahi 'neraka' beku tersebut dan dapat kembali dengan selamat.

Penasaran dengan penampakannya? Berikut beberapa foto menampakan saat ekspedisi.

Ekspedisi ke Neraka Beku di Siberia

Pencari Penyebab Muncul
Simpang siur mengenai munculnya kawah ini masih belum dipastikan hingga detik ini. Ilmuwan Rusia Igor Yeltsov, wakil kepala `The Trofimuk Institute`, memprediksi bahwa lubang itu terbentuk oleh letusan metana. Biasanya, es jika dipanaskan dalam waktu cepat bisa membuat suatu ledakan berkekuatan cukup besar. Meningkatnya suhu bisa disebabkan oleh perubahan iklim atau adanya gejala panas yang timbul dari lapisan bawah bumi. Namun, analisis teori ini masih belum diketahui kebenarannya.

Ekspedisi ke Neraka Beku di Siberia

"End of the World"
Tim ekpedisi ini akhirnya tiba di danau dengan kedalaman 34 kaki atau sekitar 10,5 meter.


Ekspedisi ke Neraka Beku di Siberia

Sampel Es
Tim ekspedisi akan memeriksa sampel es yang diambil dari kawah. Gunanya, untuk mengetahui sifat yang terdapat dalam es dan membandingkan dengan kawah lain.

Ekspedisi ke Neraka Beku di Siberia

Mengintip Kegelapan
Di malam hari, kawah ini memiliki kontras warna yang cukup tinggi. Kontras warna antara putihnya es yang menyelimuti dan hitamnya langit di kala malam.

Sumber





No comments:

Post a Comment