Sunday, November 23, 2014

Merayap di Dinding Seperti Spiderman? Sekarang Bisa

Merayap di Dinding Seperti Spiderman? Sekarang Bisa 

Siapa bilang aksi agen Ethan Hunt di film Mission Impossible atau Spiderman merayap di dinding gedung hanya cerita khayalan belaka. Peneliti di Universitas Stanford, California, sudah menciptakan semacam bantalan yang membuat kita bisa merayap di dinding seperti kadal atau laba-laba.

Dengan bantalan seukuran tangan itu, siapapun bisa merayap di dinding tanpa takut terjatuh. Syaratnya, bobot badannya tak lebih dari 70 kilogram. Tak hanya di tembok, merayap naik di dinding kaca pun bisa. 

Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengungkapkan rahasia di kaki kadal dan sejenisnya (termasuk cicak), yang bisa berjalan atau merayap di dinding tanpa terjatuh. Tapi tak banyak yang berhasil. 

Rahasia itu pula yang ingin diungkapkan peneliti di Stanford, yang mendapat bantuan dari Badan Proyek Riset Pertahanan Amerika Serikat (DARPA).  Mereka mempublikasikan penelitiannya di jurnal Royal Society Interface.

Mereka telah menciptakan bantalan silikon seukuran tangan, yang mampu merekat dengan kuat di permukaan apapun. Bantalan itu meniru cara gaya tarik dan tolak antara molekul yang disebut gaya van der Waals, yang dimultiplikasi di sepanjang rambut-rambut tipis di permukaan kaki kadal, sehingga mereka bisa merekat di permukaan apapun.

Peneliti Stanford menerapkannya dengan menciptakan bantalan kecil yang dinamai microwedges, yang mampu mengeluarkan gaya van der Waals. Mereka malah bilang bisa membuat perekat kering yang lebih efisien ketimbang kaki kadal.

Pada percobaan, seorang mahasiswa berbobot 69 kilogram mampu merambati sebuah dinding kaca vertikal setinggi 3,6 meter mengenakan bantalan silikon itu di masing-masing tangan. Dia melakukannya ratusan kali tanpa terjatuh.

Di awal tahun ini, DARPA pernah mendemonstrasikan perangkat memanjat yang bisa membuat orang merambat di dinding kaca tipis. Tapi informasi lebih detil soal perangkat itu dan pengembangannya, masih dirahasiakan.

Teknologi ini bisa dipakai untuk menghasilkan perangkat yang mampu merekatkan panel-panel surya raksasa dan objek-objek lain tanpa perlu memakai lem berbahan kimiawi.


No comments:

Post a Comment