Friday, November 21, 2014

Ilmuwan Temukan Baterai Panjang Umur

Ilmuwan Temukan Baterai Panjang Umur 

Umumnya, sebuah baterai ponsel hanya bisa bertahan normal selama pemakaian 2-3 tahun. Namun seorang ilmuwan berhasil menemukan baterai yang bisa dipakai sampai 20 tahun.

Teknologi itu ditemukan sekelompok peneliti dari Nanyang Technological University Singapura yang dimpimpin Profesor Chen Xiaodong. Bukan cuma tahan lama, tapi juga durasi pengisian ulang yang lebih cepat. Istilah ini akrab disebut fast charging.

Dengan pengisian daya selama 2 menit, baterai tersebut bisa terisi hingga 70 persen. Seperi dikutip CNN Indonesia dari siaran pers, Rabu (15/10).

"Dengan teknologi kami, mobil elektrik bisa meningkatkan jarak tempuhnya secara signifikan hanya dengan lima menit pengisian ulang," kata Xiaodong.

Kunci baterai itu terletak pada stuktrurnya yang tidak menggunakan bahan grafit seperti baterai saat ini. Para peneliti menggantinya dengan gel titanium dioksida yang biasa dipakai sebagai zat tambahan makanan atau krim tabir surya.

Gel titanium diklaim lebih murah, dan lebih mudah ditemukan. Pada baterai zat ini diletakan di dalam tabung berukuran sangat kecil (nanotube) yang konon seribu kali lebih tipis dari sehelai rambut manusia. Sulit dibayangkan.

Hingga kini teknologi baterai tersebut masih dikembangkan, dan diperkirakan bisa mulai dikomersilkan sekitar dua tahun mendatang. 


No comments:

Post a Comment